Win Comp Magic mengadakan
kompetisi untuk para anggota komunitas Media Inspirasi mengenai Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Dengan
adanya kompetisi ini kami berharap agar seluruh anggota Media Inspirasi mampu menciptakan
dan mengembangkan teknik, strategi atau metode pembelajaran menjadi lebih menarik,
menyenangkan dan efektif. Demi mewujudkan hal tersebut kami selaku pengurus Win
Comp Magic & Media Inspirasi mengadakan kompetisi Ide Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.
Dalam kompetisi ini para anggota Media Inspirasi diminta untuk membuat Proposal Ide Pembelajaran kreatif & Inovatif untuk diikutkan dalam kompetisi ini serta menyiapkan slide presentasi powerpoint untuk sebagai bahan presentasi pada saat presentasi.
Waktu pelaksanaan dan Pengumpulan proposal ada di panduan yang telah dilampirkan.
Dalam kompetisi ini para anggota Media Inspirasi diminta untuk membuat Proposal Ide Pembelajaran kreatif & Inovatif untuk diikutkan dalam kompetisi ini serta menyiapkan slide presentasi powerpoint untuk sebagai bahan presentasi pada saat presentasi.
Waktu pelaksanaan dan Pengumpulan proposal ada di panduan yang telah dilampirkan.
Download panduan kompetisi DI SINI
A. Tema Kompetisi
Tema lomba adalah “Pembelajaran
Berkualitas dengan Pembelajaran Kreatif & Inovatif”
B. Tujuan
Kompetisi
1. Memotivasi
dan menginspirasi generasi muda calon guru untuk menemukan atau menciptakan
model-model pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
2. Meningkatkan
dan mengembangkan minat, bakat, kebiasaan, dan budaya generasi muda calon guru dalam
menulis karya tulis ilmiah atau karya inovatif dengan baik dan benar, sebagai
salah satu kegiatan dari pengembangan skill interpersonal.
3. Meningkatkan
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta media lainnya yang
berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran
C. Ketentuan
Kompetisi
1. Lomba
bersifat perorangan
2. Hasil
karya harus sesuai dengan ruang lingkup lomba
3. Isi
naskah lomba berupa upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang
menggambarkan kreatifitas dan inovasi guru mulai dari perencanaan, proses, dan
hasil pembelajaran di kelas.
4. Persyaratan
administrasi :
a)
Pernyataan penulis, bahwa karya tersebut
seluruhnya asli hasil karya sendiri, bukan plagiat, dan belum pernah
diikutsertakan pada lomba lain
b)
Biodata peserta.
5. Naskah
lomba dikirim dengan ketentuan :
a)
Diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan
ketikan 1,5 spasi, huruf ukuran 12, jenis huruf Times New Roman.
b)
Gambar media yang digunakan dimasukkan dalam
lampiran
c)
Mengirimkan presentasi powerpoint paling lambat
30 April 2015
d)
Pada pojok kiri atas sampul ditulis “Kompetisi
Pembelajaran Kreatif & Inovatif”.
D. Ruang Lingkup
Lomba
Bidang
kegiatan yang dilombakan dalam Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional Tahun
2014 :
1.
Hasil penelitian eksperimen, penelitian tindakan
kelas, atau pengembangan model tentang kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan guru di kelas dan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
2.
Best practice tentang
kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan guru di kelas dan sesuai dengan
mata pelajaran yang diampu.
3.
Karya inovatif yang digunakan dalam proses
pembelajaran berupa :
a.
Penerapan teknologi tepat guna.
b.
Membuat/memodifikasi alat pelajaran / peraga /
praktikum:
·
Alat pelajaran. Alat pelajaran adalah alat yang
digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan pada
khususnya dan proses pendidikan di sekolah untuk digunakan pada mata pelajaran
yang diampu.
·
Alat peraga. Alat peraga adalah alat yang
digunakan untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan
dalam proses pembelajaran atau bimbingan pada mata pelajaran yang diampu.
·
Alat praktikum. Alat praktikum adalah alat yang
digunakan untuk praktikum pada mata pelajaran yang diampu, atau
c.
Menciptakan dan/atau mengembangakan karya seni
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
E. Aspek yang
Dinilai
1.
Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba.
2.
Bersifat kreatif dan inovatif.
3.
Bersifat spesifik/khas.
6.
Kebermanfaatan dalam proses pembelajaran.
7.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
F. Persyaratan
Peserta
Merupakan Anggota Komunitas
Media Inspirasi
G. Waktu Pelaksanaan Kompetisi
1.
Naskah bisa dikirim mulai tanggal 10 April 2015 ditujukan kepada :
“Pelaksana Kompetisi Pembelajaran Kreatif & Inovatif”
Telp. 082232341250/085648332186
Email : wincompmagic@gmail.com
“Pelaksana Kompetisi Pembelajaran Kreatif & Inovatif”
Telp. 082232341250/085648332186
Email : wincompmagic@gmail.com
2.
Penerimaan naskah paling lambat dikirim pada tanggal 15 April 2015
3.
Penilaian naskah pada pertengahan bulan April.
4.
Penilaian presentasi naskah pada tanggal 30 April 2015.
5.
Pengumuman finalis pada pertengahan bulan Mei
2015.
H. Contoh
Kerangka Penulisan LKG 2014
Halaman Judul
Halaman Pernyataan dan
Pengesahan
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Bab I. Pendahuluan
A. Latar
Belakang
B. Ruang
Lingkup
C. Tujuan
D. Kajian
Teori
Bab II. Langkah-langkah
pelaksanaan
A. Rancangan
alat/bahan
B. Proses
pembuatan alat/bahan
C. Pembuatan
manual/pedoman penggunaan alat/bahan
D. Prosedur
penggunaan alat/bahan dalam pembelajaran
E. Hasil
yang diperoleh
F. Evaluasi
kebermanfaatan alat/bahan
BAB III. Laporan Hasil
A. Deskripsi
hasil pembelajaran
B. Analisis
hasil pembelajaran
BAB IV. Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
1. Data/informasi
yang relevan
2. Biodata
Sekian yang dapat saya bagikan Mengenai Kompetisi Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan, atau memberikan saran maupun berterima kasih, silahkan Berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini. Jika menurut anda halaman ini bermanfaat silakan share ke Jejaring Sosial, dengan klik Like, G+, Share di Twitter di bawah ini. Dukung Blog ini agar tetap aktif untuk membagikan ilmu yang bermanfaat. Terima Kasih.
Info yang berguna bagi para kreator. guru kreatif, belajar efektiif
BalasHapusTerima kasih atas apresiasinya, jika ada info yang bermanfaat akan langsung saya share di blog. :)
Hapus