082232341250

Minggu, 03 Mei 2015

Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai


Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam mengajar Bahasa Inggris pada anak SD yaitu Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai. Pembelajaran yang saya berikan ini berupa aktivitas mewarnai gambar yang diberikan oleh guru. Pasti anda bertanya-tanya apa hubungannya belajar bahasa Inggris dengan mewarnai. Ya menurut saya ada hubungannya karena semua aktivitas itu bisa dihubungkan dengan sebuah pembelajaran, ya misalnya mewarnai. Kenapa dengan sebuah aktivitas dan mewarnai? Karena menurut saya di usia mereka saat ini merupakan usia dimana saat-saat sisi kreativitasnya berkembang, sehingga mereka pasti mudah bosan jika diminta untuk diam dan mendengarkan guru yang sedang menerangkan materi. Jadi tujuan membuat sebuah aktivitas dengan mewarnai supaya siswa bisa menyalurkan kreativitasnya dalam mewarnai.

Dari aktivitas mewarnai saya hubungkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris, dan saya sangat senang sekali karena respon siswa sangat antusias sekali saat saya meminta mereka membawa peralatan untuk mewarnai untuk aktivitas mewarnai. Saya bebaskan mereka membawa pensil warna, spidol maupun crayon. Dalam teknik/cara mewarnai pun tidak saya batasi agar mereka bisa menyalurkan kreativitasnya semaksimal mungkin. Pembelajaran Bahasa Inggris pada saat itu terasa menyenangkan karena siswa diminta untuk mengikuti & mewarnai gambar sesuai petunjuk yang disajikan dalam Bahasa Inggris.  Meskipun petunjuk disajikan dalam bahasa Inggris, siswa terlihat tidak bosan maupun malas. Siswa terlihat sangat antusias untuk mewarnai gambar yang diberikan oleh guru walaupun ada saat dimana mereka bingung arti petunjuknya, tapi mereka langsung bertanya artinya kepada guru, dan juga ada beberapa dari mereka saling membantu temannya dalam memahami petunjuk yang ada. Dengan aktivitas seperti ini banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:
  1. Siswa tidak jenuh dalam pembelajaran
  2. Siswa mampu mempelajari kosakata (vocabulary) dengan mudah
  3. Siswa belajar memahami petunjukyang disajikan dalam Bahasa Inggris
  4. Siswa aktif bertanya pada saat mereka belum bisa memahami petunjuk yang ada
  5. Siswa dengan senang mewarnai gambar meskipun petunjuk disajikan dalam Bahasa Inggris


Menurut saya, pembelajaran yang dipadukan dengan sebuah aktivitas yang memberikan kebebasan pada siswanya untuk menyalurkan kreativitasnya merupakan pembelajaran yang bagus karena mereka tidak merasa terbebani dalam mempelajari pelajaran yang sedang mereka pelajari. Karena dengan pembelajaran seperti itu siswa mampu memahami materi lebih cepat.

Sekian yang dapat saya bagikan Mengenai Belajar Bahasa Inggris sambil Mewarnai. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan, atau memberikan saran maupun berterima kasih, silahkan Berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini. Jika menurut anda halaman ini bermanfaat silakan share ke Jejaring Sosial, dengan klik Like, G+, Share di Twitter di bawah ini. Dukung Blog ini agar tetap aktif untuk membagikan ilmu yang bermanfaat. Terima Kasih.


0 comments:

Posting Komentar

Win Comp Magic

Win Comp Magic
Jasa Pelatihan & Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif, Hiburan Mendidik, Kursus sulap dan Pertunjukan sulap