082232341250

Selasa, 02 Desember 2014

Membaca Komik Bisa Membentuk Karakter Kepribadian Anak



Saya akan membagikan lagi apa yang pernah saya tulis di akun kompasiana milik saya mengenai membaca komik bisa membentuk kepribadian anak. Seperti yang kita ketahui komik bisa memiliki dampak positif dan bisa juga memiliki dampak negatif. Jika kita bisa mau melihat nilai komik dari sudut pandang yang lain, kisah yang ada di dalam komik bisa memberikan banyak pesan dan pelajaran positif yang bisa diambil. Jika anak suka membaca komik, ajarkan pada anak untuk bisa mengambil pesan yang ada di dalam komik tersebut sehingga anak bisa memahami dan membedakan hal yang baik dan buruk yang bisa diambil sebagai pelajaran.
Seperti yang kita ketahui, dunia komik pasti sudah tak terdengar asing dii kehidupan kita. Hampir seluruh orang di dunia ini pasti pernah membaca komik. Tidak hanya anak-anak saja yang suka komik, anak remaja bahkan dewasa pun juga suka membaca komik. Jjika kita amati dengan seksama, membaca komik itu mempunyai sisi negatif dan positif, antara lain :
Dampak Negatif
- Ketergantungan
- Bagi sebagian orang akan membuat mereka malas melakukan sesuatu.
- Lebih mengenal budaya negara asal komik / manga tersebut daripada budaya sendiri
- Menumpulkan imajinasi

Dampak Positif
- Mengenal budaya negara lain
- Sebagai sarana pembelajaran
- Sarat nilai moral
-  Menambah kreatifitas

Dari dampak-dampak tersebut bisa kita simpulkan bahwa dengan membaca komik bisa membawa dampak negatif dan positif pada pembacanya, seperti halnya televisi juga mempunyai bisa memberi pengaruh kepada penonton. Tapi, jika kita bisa memanfaatkan dan mengambil nilai-nilai postif saat membaca komik komik, dengan  bisa membentuk karakter pribadi anak atau seseorang. Komik memang berbeda dengan buku pelajaran, jika buku pelajaran mendidik pembacanya agar pintar dalam pelajaran, maka komik bisa digunakan untuk mendidik pembacanya untuk memahami akan nilai-nilai kehidupan. Karena kebanyakan komik yang telah saya baca dan amati, cerita di dalam komik tertuang berdasarkan opini, pemikiran dan keinginan sang penulis sehingga banyak mengandung nilai-nilai moral, amanat dan kata-kata inspiratif yang  yang dapat kita ambil.
Sebagai contoh adalah komik dengan genre detektif seperti Detective Conan yang mengajak pembacanya untuk berpikir ilmiah, kritis, logika dan mampu membedakan mana yang benar dan salah dengan adanya bukti-bukti. Kemudian genre olahraga seperti Captain Tsubasa memiliki pesan moral seperti perlu kerja keras untuk menggapai impian, dan persahabatan. Lalu komik dengan genre sci-fi (Science Fiction) Mecha (tentang robot) mengajarkan tentang kemajuan teknologi, yang terakhir Komik dengan genre Action dan Adventure (petualangan) seperti Naruto mengajak pembacanya agar tidak pernah putus asa, berempati, meraih impian, saling tolong-menolong, dan melindungi yang lemah. Lalu komik Kungfu Boy yang didalamnya terdapat nilai dan pesan tentang kerja keras untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan, pantang menyerah dan terus meningkatkan kualitas diri. Dan tentu saja masih banyak lagi genre komik yang penuh dengan syarat moral tentang kehidupan.
Untuk para orang tua jika anaknya suka membaca komik, kita harus teliti dalam memilih komik yang patut dibaca oleh anak-anak. Karena komik bukan hanya milik anak kecil. Dari sisi cerita dan juga gambar yang disajikan harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua. Orang tua harus selalu ada di sisi anak untuk menemani membaca dan membimbing anak untuk dapat mengambil nilai-nilai postif dari cerita yang ada di dalam komik. Karena nilai-nilai positif yang disertai oleh gambar di dalam cerita lebih mudah dicerna dan dipahami oleh anak sehingga komik bisa digunakan untuk membentuk karakter anak.

-Windy-


-Artikel saya lainnya bisa anda baca di http://www.kompasiana.com/windycitranegara
-Untuk update tentang teknologi, pendidikan, media pembelajaran, sulap dan pengembangan diri silakan kunjungi http://wincompmagic.com/ 


Sekian yang dapat saya bagikan Mengenai Membaca Komik Bisa Membentuk Karakter Kepribadian Anak. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan, atau memberikan saran maupun berterima kasih, silahkan Berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini. Jika menurut anda halaman ini bermanfaat silakan share ke Jejaring Sosial, dengan klik Like, G+, Share di Twitter di bawah ini. Dukung Blog ini agar tetap aktif untuk membagikan ilmu yang bermanfaat. Terima Kasih.

1 komentar:

Win Comp Magic

Win Comp Magic
Jasa Pelatihan & Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif, Hiburan Mendidik, Kursus sulap dan Pertunjukan sulap